Senin, 24 September 2018

5 Hal Sepele yang Bikin Anda Harus Sering-Sering Service Mesin Cuci

Semua orang tentu ingin barang elektroniknya awet, apalagi yang fungsinya sangat penting seperti mesin cuci. Sayangnya, banyak hal yang dianggap sepele sehingga mesin cuci yang masa pakaianya bisa lebih dari 5 tahun harus sering-sering memanggil jasa service mesin cuci, bahkan ada yang rusak hanya dalam 3 tahun pemakaian. Berikut beberapa contohnya.

1. Lupa Mengeluarkan Benda dari Saku
Tidak sedikit orang yang menyimpan uang logam recehan, tisu belas pakai, sapu tangan, dan semacamnya di dalam saku pakaian, entah itu atasan (baju) atau bawahan (rok dan celana). Adanya benda-benda ini bisa menganggu kinerja filter dan komponen lainnya yang terdapat dalam mesin cuci.

Oleh karena itu, keluarkan semua benda yang berada dalam saku pakaian sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Satu koin uang logam saja bisa mengakibatkan kerusakan jangka panjang pada mesin cuci.

2. Memasukkan Pakaian Melebihi Kapasitas
Bagi yang memiliki aktivitas harian yang begitu padat, aktivitas mencuci seringkali ditunda-tunda. Bahkan, ada yang mencuci pakaiannya hanya sekali dalam sepekan. Akibatnya, pakaian yang harus dicuci pun menumpuk, kemudian memilih jalan praktis dengan mengisi tabung mesin cuci sampai penuh atau melebihi kapasitas.

Cara mencuci yang seperti ini sebaiknya segera Anda hilangkan karena bisa menganggu kinerja mesin cuci dan bisa menimbulkan kerusakan jangka panjang. Bukan itu saja, pakaian yang dicuci tersebut juga kurang maksimal bersihnya. Anjuran teraik untuk mencuci pakaian yang benar adalah dengan menyisakan ruang kosong sebesar 20-25%.

3. Membiarkan Keran Terbuka setelah Mencuci
Ada beberapa alasan kenapa keran dibiarkan terbuka setelah proses mencuci selesai. Bisa karena lupa atau sengaja dengan tujuan membersihkan bagian interior mesin cuci. Padahal, alih-alih bersih, alat elektronik ini justru menjadi lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan adanya tekanan pada mesin cuci akibat air keran yang mengalir ke dalamnya.

Jika kebiasaan ini berlanjut dan berlangsung lama, kerusakan jangka panjang yang bisa menimpa mesin cuci Anda adalah kebocoran pada selang atau pipa. Sebenarnya, jarang sekali mesin cuci mengalami kebocoran selang.

Tapi, bukan tidak mungkin jika hal ini terjadi pada mesin cuci Anda akibat kebiasaan yang dianggap sepele. Oleh karena itu, mau tidak mau, Anda harus sering-sering mengundang jasa service mesin cuci panggilan.

4. Lupa Membuka Pintu saat Pengisian Air
Membuka pintu saat pengisian air bisa menghindarkan mesin cuci dari bau apek akibat pertumbuhan jamur dan bakteri yang memang menyukai tempat-tempat lembap. Dengan membuka pintu, interior mesin cuci Anda menjadi lebih harum, segar, dan tidak dijadikan tempat perkembangbiakan favorit bagi jamur dan kuman (bakteri jahat).

5. Jarang Membersihkan Mesin Cuci
Apa saja bagian mesin cuci yang bisa dibersihkan? Ada filter, kotak deterjen, dan lainnya. Bukan hanya pendingin ruangan yang punya filter, tapi mesin cuci juga. Fungsi filter adalah untuk menyaring kotoran dan noda yang berasal dari sisa proses pencucian. Nah, ternyata komponen mesin cuci ini bisa ditarik ke luar untuk dibersihkan.

Rutin membersihkan filter bisa meningkatkan kinerja mesin cuci. Saat ingin membersihkan mesin cuci, Anda juga perlu memperhatikan suhu air yang digunakan. Sebaiknya, gunakan air panas atau hangat untuk membersihkan mesin cuci, setidaknya sekali dalam sepekan. Dengan cara ini, bau apek dalam mesin cuci bisa dihindarkan.

Service mesin cuci terbaik bisa Anda dapatkan dari Sejasa. Coba buka laman sejasa.com di internet dan pilih jenis perbaikan yang dibutuhkan mesin cuci Anda. Informasi terkait cara perawatan juga bisa Anda peroleh dari layanan jasa ini sehingga usia pemakaiannya bisa lebih dari 5 tahun.

Related Posts

5 Hal Sepele yang Bikin Anda Harus Sering-Sering Service Mesin Cuci
4/ 5
Oleh