Jumat, 21 Desember 2018

Pentingnya Mengganti Filter Oli Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu mesin kendaraan akan bercampur dengan kotoran yang mampu menurunkan kinerja mesin itu sendiri. Sedangkan filter sendiri merupakan sebuah komponen yang bermanfaat untuk menyaring kotoran tersebut. Tak heran jika filter oli harus dirawat dengan baik dan diganti secara rutin. Lalu apa sih pentingnya mengganti filter secara berkala?

Mengapa Filter Wajib Diganti?
Filter yang tidak diganti setelah masa pemakaiannya habis justru akan membuat saringan oli tersebut menjadi penuh dan tersumbat. Hal ini menyebabkan proses penyaringan oli menjadi terganggu dan tidak berjalan dengan maksimal. Kotoran tersebut juga dapat menyebabkan mesin menjadi terkontaminasi yang berimbas pada kerusakan mesin yang lebih parah dan permanen.

Oli memang tidak selamanya bersih seperti baru. Selama berada di dalam mesin, oli banyak mengalami banyak kondisi kimiawi seperti pemanasan dan gesekan yang membuat warna oli menjadi berubah. Selain itu oli juga bermanfaat sebagai pelumas, melarutkan kotoran dalam mesin sekaligus mendinginkan suhu di dalam mesin kendaraan Anda.

Filter oli sendiri merupakan komponen yang bermanfaat untuk menyingkirkan dan menyaring kotoran  pada mesin baik berupa debu, serpihan, bahkan logam halus. Kotoran tersebut akan disaring dan ditempatkan di tempat khusus dalam filter sehingga oli yang keluar tidak membawa kotoran sama seperti ketika oli tersebut masuk ke dalam filter.

Apa Akibatnya Jika Filter Tidak Diganti?
Ternyata ada beberapa masalah dan dampak buruk yang terjadi ketika filter tidak diganti. Masalah yang terjadi antara lain saringan oli menjadi penuh dan tersumbat, mesin terkontaminasi kotoran, siklus oli menjadi terhambat, fungsi oli tidak dapat bekerja secara sempurna, bahkan adanya kerusakan permanen pada mesin sehingga biaya perbaikan kerusakan cenderung lebih mahal.

Kotoran dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam mesin melalui pack yang kurang rapat. Hal ini disebabkan karena tekanan mesin kendaraan yang tidak stabil membuat kotoran mampu masuk ke dalam mesin melalui celah pack. Terlebih lagi apabila terjadi kebocoran pada oli maka kotoran dapat dengan mudah masuk ke dalam mesin kendaraan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Filter?
Pada umumnya filter dapat diganti sesuai dengan periode penggantian mesin kendaraan Anda. Biasanya bengkel resmi akan merekomendasikan Anda untuk mengganti oli kendaraan Anda setiap menempuh jarak 5000 km. Meskipun biasanya ada yang melakukan penggantian setelah menempuh jarak 7000 km bahkan terkadang mencapai 10.000 km.  tergantung dengan kebutuhan.

Apabila Anda mengikuti saran dari bengkel resmi, biasanya mereka akan menyarankan untuk mengganti filter setelah menempuh jarak 5000 km atau bahkan waktunya sama dengan saat mengganti oli kendaraan Anda.

Terkadang ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa penggantian filter dapat dilakukan seriap dua kali penggantian oli mesin. Apabila oli mesin Anda diganti setelah menempuh jarak 5000 km maka filter kendaraan Anda juga harus diganti setekah menempuh jarak 10.000 km. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing orang.

Penggantian filter yang dilakukan secara rutin dan berkala dapat membantu rangkaian mesin bekerja secara maksimal dan optimal tanpa menimbulkan masalah dan gejala apapun yang dapat mengganggu aktivitas berkendara Anda. Untuk itu pastikan Anda menggantinya secara rutin demi menjaga kondisi mesin kendaraan Anda agar tetap awet dan prima.

Demikian alasan pentingnya mengganti filter oli kendaraan secara berkala. Jangan lupa untuk selalu menggantinya agar tidak menyebabkan masalah yang parah. Mulailah rawat kendaraan kesayangan Anda dengan rutin mengganti filter secara berkala.

Related Posts

Pentingnya Mengganti Filter Oli Secara Berkala
4/ 5
Oleh