Jumat, 28 Desember 2018

Tahapan Pertumbuhan Janin Ketika Mengandung

Kehamilan bagi sebagian pasangan suami istri adalah salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu. Dalam menjaga kehamilan tentunya akan terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam perut. Pada saat hamil, tentunya janin yang dalam perut akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga agar tumbuh kembang janin baik, maka calon ibu juga harus menjaga calon buah hati yang ada di dalam perutnya. Namun, sayangnya sebagian ibu hamil masih belum mengetahui bagaimana perkembangan buah hati yang ada dalam rahimnya.


Berikut merupakan tahapan pertumbuhan janin yang ada dalam rahim seorang ibu.
1. Usia 1 Bulan
Pada pertumbuhan janin usia 1 bulan,  calon buah hati anda masih berbentuk embrio yang memiliki ukuran yang sangat kecil seperti kacang hijau. Sehingga ibu umumnya belum mengetahui atau terkadang tidak merasa bahwa dirinya sedang hamil. Namun, biasanya calon ibu ini sering diresahkan dengan beberapa gejala seperti telat datang bulan.

2. Usia 2 Bulan
Embrio pada rahim sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga telah berubah menjadi janin. Pertumbuhan janin yang terjadi pada tahap ini bisa dikatak cukup signifikan dimana organ tubuh dan jaringan tubuh sudah mulai terbentuk.

3. Usia 3 Bulan
Janin yang ada dalam perut sudah bertambah berat dan ukurannya, bahkan biasanya pergerakan halus sudah mulai dirasakan dengan jelas oleh ibu. Sel-sel syaraf juga sudah terhubung pada sistem syaraf otak, sistem organ mulai terbentuk mulai berkerja sesuai dengan porsinya masing-masing. Pada tahap ini umumnya sistem organ luar mulai terbentuk meskipun masih samar-samar.

4. Usia 4 Bulan
Pada usia ini janin sudah diberi nyawa oleh Sang Maha Kuasa dilengkapi dengan perkembangan jenis kelamin yang mulai terbentuk. Selain itu, pertumbuhan janin ditandai dengan perkembangan sistem organ janin telah terbentuk dan mulai bekerja. Sehingga pada usia ini, ibu bisa merasakan adanya gerakan pada janin.

5. Usia 5 Bulan
Pada tahap ini, berat badan dan ukuran tinggi janin sudah mulai mengalami perkembangan. Hal ini terbukti bahwa pada usia 5 bulan biasnya janin memiliki berat kurang lebih sekitar 290 gram dengan tinggi 26 cm.

6. Usia 6 Bulan
pertumbuhan janin usia 6 bulan mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana jenis kelamin sudah mulai terlihat dengan jelas. Sistem organ tubuh keseluruhan sudah mulai bekerja sesuai porsinya masing-masing.

7. Usia 7 Bulan
Pada usia 7 bulan janin sudah mulai menjadi seorang bayi yang kecil. Pada usia ini, sistem organ dan tubuh janin sudah menuju sempurna dan beberapa sistem lainnya mulai mengalami pematang.

8. Usia 8 Bulan
Pertumbuhan janin usia 8 bulan umumnya terlihat dari segi penambahan berat badan serta ukuran. Janin juga mulai berputar menuju arah jalan keluarnya jika waktunya telah tiba serta  perkembangan seluruh organ sudah sempurna.

9. Usia 9 Bulan
Pada usia 9 bulan, janin anda sudah siap untuk dilahirkan walaupun usia persalinan yang normal selalu memasuki kurang lebih 10 bulan. Tahap ini merupakan penyempurna setiap tahapan yang sudah dilalui dimana seluruh organ tubuh sudah bisa berfungsi sesuai tempatnya masing-masing.

Itulah sekilas tentang tahapan pertumbuhan janin mulai usia 1 bulan sampai dengan usia 9 bulan. Tentunya setiap ibu ingin anak yang dikandungnya dalam keadaan yang selalu sehat dan nutrisinya terpenuhi. Dalam menjaga kehamilan tentunya ibu harus menjaga kesehatan tubuh sehingga kondisi janin juga tetap terjaga. Namun tidak hanya itu saja, ibu hamil juga perlu mengetahui perkembangan buah hati yang ada di dalam perutnya.

Related Posts

Tahapan Pertumbuhan Janin Ketika Mengandung
4/ 5
Oleh