Selasa, 29 Januari 2019

Kenali 5 Gejala Awal Menopause pada Wanita

Menopause merupakan proses alami yang akan dialami oleh semua wanita. Proses yang ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi ini biasanya terjadi pada kisaran usia 40 hingga 50-an tahun. Selain menimbulkan masalah kesehatan, gejala perimenopause biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Berikut ini beberapa gejala awal menopause pada wanita.

1.Siklus Menstruasi yang Mulai Tidak Teratur
Berkurangnya produksi hormon esterogen dalam tubuh tentu saja sangat berpengaruh pada siklus menstruasi. Pada fase awal perimenopause, siklus menstruasi yang Anda alami bisa berubah menjadi lebih pendek atau lebih lama. Tidak hanya itu, jumlah darah yang keluar saat menstruasi juga bisa lebih sedikit seperti flek atau lebih banyak dari biasanya.

Masa perimenopause atau masa transisi ini biasanya terjadi selama 4 tahun, meski begitu masing-masing wanita memiliki jangka waktu yang berbeda. Masa perimenopause ini kemudian berubah menjadi menopause saat Anda tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut.

2. Insomnia
Selain perubahan siklus menstruasi, gangguan tidur adalah gejala paling umum saat memasuki usia menopause. Jika hal ini terjadi, Anda disarankan untuk melakukan relaksasi, berolahraga di siang hari dan menerapkan pola makan sehat agar tubuh Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Hindari juga mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein agar tidur Anda berkualitas.

3. Miss V Terasa Kering
Gejala lainnya dari menopause yang cukup mengganggu adalah miss V yang terasa kering sehingga menimbulkan nyeri atau bahkan berdarah saat berhubungan intim. Produksi hormon kewanitaan yang menurun drastis dapat mempengaruhi kelembapan bahkan mengurangi produksi cairan yang berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan.

Gejala ini bisa menyebabkan atrofi vagina yang berisiko menyebabkan luka atau infeksi pada mulut rahim. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli ginekolog untuk mendapatkan saran pelumas atau pelicin yang aman bagi Anda.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Lebih Sering
Selain beberapa gejala di atas, saat mulai memasuki masa menopause Anda akan mengalami frekuensi buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Beberapa wanita juga merasakan nyeri dan sakit saat buang air kecil. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh menipisnya uretra dan elastisitas vagina yang mulai berkurang.

Selain itu, saat memasuki usia menopause Anda juga berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Jika Anda mengalami gejala seperti di atas atau mengalami rasa terbakar saat buang air kecil, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Sensasi Rasa Panas
Gejala perimenopause yang paing umum dan sering dirasakan oleh banyak wanita adalah adanya sensasi rasa panas yang menjalar ke seluruh tubuh. Sensasi rasa panas atau yang juga disebut dengan hot flashes ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak diketahui penyebabnya. Selain hot flashes, Anda mungkin juga akan berkeringat dan kulit tampak kemerah-merahan.

Itulah beberapa gejala awal menopause yang perlu Anda waspadai. Tanda-tanda menopause bisa Anda atasi dengan mengonsumsi kedelai dan ginseng untuk mengatasi rasa kelelahan dan perubahan mood yang terjadi selama masa menopause. Anda juga bisa melakukan yoga dan akupuntur untuk mengatasi perubahan hormon serta menenangkan emosi agar kembali stabil. 

Related Posts

Kenali 5 Gejala Awal Menopause pada Wanita
4/ 5
Oleh